Rabu, 19 Agustus 2009

Petunjuk “Emas“ dalam Percakapan dengan Muslim

Petunjuk “Emas“ dalam Percakapan dengan Muslim

Petunjuk 1: Berdoa, Berdoa, Berdoa
Pekerjaan Misi dalam kalangan kaum Muslim adalah peperangan rohani. Hanya Kristus yang dapat mengubah Muslim. Oleh karena itu doa adalah dasar yang sangat diperlukan bagi karya misi di kalangan kaum Muslim. - Berdoalah agar orang-orang yang selama ini tertutup akan terbuka, bahwa mereka yang mencari kebenaran akan menemukan jalan kepada Jesus, dan yang telah bertobat akan tetap setia di dalam Kristus. - Berdoalah sebelum menjangkau keluar, agar Yesus mencurahkan kasih karunia; berdoalah agar Yesus terus memimpin dan membimbing selama percakapan; berdoalah setelah pertemuan, agar berita yang telah dibagikan tidak akan berlalu dengan percuma.

Petunjuk 2: Layanan Praktis dari Kasih
Hal yang tidak terselami di bidang pelayanan visi Islam adalah layanan sukarela cinta. Mereka menyatakan kasih Tuhan bagi musuh-musuhNya dengan cara yang unik. - Contoh:
a) Mengunjungi pencari suaka Muslim dan menemani mereka saat mereka memerlukan bantuan untuk mengisi formulir di kantor pemerintah setempat;
b) Hadir dan menolong kaum Muslim yang sedang sakit;
c) Memberikan perhatian terhadap adat istiadat dan sejarah kehidupan kaum Muslim setempat;
d) Menganggap serius keraguan dan frustrasi Muslim yang sedang mencari kebenaran;
e) Tidak meninggalkan orang Muslim yang telah bertobat ketika mereka mengalami penganiayaan akibat pertobatan mereka.

Petunjuk 3: Setiap muslim berbeda-beda
Kita tidak boleh mengelompokkan semua kaum Muslim dalam satu kategori, melainkan, dengan bijaksana mengambil pendekatan yang berbeda terhadap setiap komunitas muslim. – Muslim Turki, misalnya, berbeda dari muslim Arab, Anda perlu pendekatan berbeda antara mereka yang berpendidikan dengan mereka yang tidak berpendidikan (buta huruf); Muslim radikal dan konservatif perlu jawaban yang berbeda dari Muslim tradisional dan sekuler; iman Muslim ortodoks tidak sama dengan iman anggota sekte Islam dan kelompok-kelompok khusus; wanita tidak hidup dengan cara yang sama seperti pria dan menghadapi anak-anak tidak sama dengan orang dewasa.

Petunjuk 4: Belajar dari Muslim yang telah bertobat.
Para misionaris yang paling efektif di antara kaum Muslim adalah mereka berasal dari latar belakang muslim itu sendiri. Mereka tidak perlu belajar bahasa dan budaya dari mereka yang dahulunya saudara saudari seiman mereka. Mereka tahu Islam dari dalam, dan tahu bagaimana caranya untuk keluar. Siapa pun yang secara teratur menemani misionaris dari latar belakang muslim seperti ini akan belajar lebih cepat dan lebih efektif cara untuk menjangkau Muslim. Bagian dari misi ini adalah untuk mendukung para petobat baru baik secara fisik dan emosional dan siap melayani mereka di mana saja yang diperlukan.

Petunjuk 5: Gunakan Peralatan Media
Jika Anda menggunakan literatur (misalnya Alkitab, Injil, buku saku penginjilan atau traktat), audio kaset, CD, video Kristen atau alamat situs internet penginjilan, Anda secara signifikan dapat memperluas jangkauan pelayanan Anda di kalangan umat Islam. - Kunjungan atau pertemuan terbatas di satu waktu. Dengan bantuan perangkat media yang Anda tinggalkan, seorang Muslim dapat memperlengkapi dirinya lebih lama dan lebih komprehensif dengan berita Injil. - Selain itu, ia bisa mempelajari kabar baik itu di lingkungan konservatif dengan bahaya yang lebih sedikit untuk dirinya sendiri, dimana dalam keheningan lingkungannya, ia dapat merenungkan apa yang Yesus tawarkan kepadanya.

Petunjuk 6: Kesabaran
Biasanya dibutuhkan banyak waktu bagi seorang Muslim untuk membuka diri terhadap Injil dan menyerahkan hidupnya untuk Yesus. Dan butuh waktu lebih lama lagi bagi dirinya untuk berprilaku serupa dengan Kristus setelah pertobatannya. Di sini butuh banyak kesabaran:
a) Kesabaran ketika seorang Muslim menyerang Injil (tidak setiap serangan harus disikapi serius seperti beberapa lainnya);
b) Kesabaran ketika seorang Muslim jatuh kembali ke pola perilaku Muslim (Butuh waktu lama untuk menggantikan Syariah Islam yang sudah lama tertanam dalam hidup seorang petobat Muslim digantikan oleh hukum Kasih Kristus);
c) Kesabaran saat petobat Muslim mengalami aniaya (di sini waktu juga akan berfungsi untuk membalut dan menyembuhkan banyak luka).

Petunjuk 7: Tindak lanjut lebih Penting dari Penginjilan
Saat ini telah menjadi relatif lebih mudah untuk mengajak kaum Muslim beriman kepada Yesus. Namun, jauh lebih sulit untuk memelihara petobat Muslim ini tetap percaya pada Yesus dan membawa mereka menyatu dalam jemaat gereja lokal. Oleh karena itu tindak lanjut untuk petobat Muslim dalam saat-saat ini merupakan tantangan yang lebih penting daripada penginjilan. Mengurusi seorang anak adalah satu segi; tetapi menjadi seorang Bapa untuk dia adalah hal yang berbeda! - Tindak lanjut praktis perlu dipikirkan, misalnya, jika perlu, bagaimana menemukan seorang istri atau pekerjaan untuk petobat baru, atau bahkan mencarikan tumpangan jika ia diusir dari rumah muslimnya. - Dalam kasus ekstrim, mungkin kita perlu memberikan perawatan medis, jika petobat Muslim itu disiksa oleh saudara-saudara seimannya terdahulu, yang berusaha membawanya kembali ke Islam.

Petunjuk 8: Keahlian Berdampak Pada Efektivitas
Bagaimanapun memang membutuhkan waktu untuk belajar tentang Islam, dan untuk mencari jawaban Kristen terhadap Islam. Tetapi siapapun yang sudah menguasai pengetahuan ini akan memperoleh banyak keuntungan dalam pelayanan mereka di kalangan kaum Muslim. Hanya dokter yang mempelajari penyakit dan pengobatannya dapat mengobati orang sakit dengan ukuran yang tepat, menyembuhkan dan meringankan penderitaan. – Jadi akan sangat menolong jika Anda tahu tentang budaya dan bahasa kaum Muslim, dengan siapa Anda melakukan kontak. Disini petobat Muslim yang aktif melayani kaum Muslim mempunyai daya jangkau lebih kuat dari pada misionaris Barat. Oleh karena itu, pelayanan mereka jauh lebih efektif dalam misi penjangkauan di kalangan kaum Muslim dan kita perlu belajar dari mereka.

Petunjuk 9: Mengajukan Pertanyaan dan Memberi Penjelasan.
Islam adalah agama yang mengajarkan penaklukan diri dan ketaatan tanpa syarat. Aktif bertanya dan refleksi diri tidak pernah dianjurkan. Situasi ini harus Anda hadapi dengan keahlian bertanya yang masuk akal untuk kaum Muslim dalam pelayanan Anda kepada mereka. – Adalah lebih baik untuk meminta seorang Muslim membaca suatu teks dari Alkitab, lalu bertanya apa makna dari teks yang baru ia baca, daripada Anda sendiri yang membaca teks Alkitab tersebut dengan keras lalu menjelaskan artinya kepadanya.

Petunjuk 10: Menghafal Ayat-Ayat Alkitab
Selama masa kecil mereka, banyak Muslim menjunjung dan menghafal bagian-bagian dari Quran. Cara terbaik untuk membongkar pengaruh terdalam dari ajaran ini dalam hidup petobat Muslim adalah dengan mengisinya dengan Firman Tuhan. - Oleh karena itu, menghafalkan ayat-ayat Alkitab merupakan pertolongan besar dalam melayani kaum Muslim. Untuk memberikan teladan yang baik, kitapun perlu melakukan hal yang sama, menghafal ayat-ayat Alkitab bersama mereka.

Petunjuk 11: Bicara Secara Individual Lebih Baik Dari Pada Diskusi Kelompok
Menurut Syariah, siapapun yang meninggalkan Islam harus dihukum mati jika dia tidak berbalik lagi dalam tiga hari. Bagi umat Islam adalah aib jika mereka membuka diri terhadap iman Kristen. - Ketika beberapa Muslim bersama-sama berbicara dengan Anda tentang Kristus, masing-masing pihak punya perasaan takut akan ada pengkhianatan dari pihak lainnya jika ia menunjukkan minat terlalu banyak terhadap Injil. Dalam percakapan dengan individual Muslim, lebih mudah untuk mencari tahu sudut pandangan mereka tentang Kristus. Karena alasan inilah, berbicara secara individual lebih baik dari pada diskusi kelompok.

Petunjuk 12: Pria dengan Pria dan Wanita dengan Wanita
Sexualitas memainkan peranan yang berbeda dalam Islam lebih daripada dalam kekristenan. - Jika seorang pria berbicara dengan seorang wanita Muslim sendirian, dia akan dicurigai oleh Muslim lain sebagai orang yang ingin mengambil keuntungan dari perempuan itu secara seksual. - Jika seorang wanita berbicara dengan seorang pria Muslim sendirian, hal itu akan menimbulkan dugaan bahwa wanita itu sedang menawarkan dirinya (tubuhnya) kepada pria Muslim.
- Untuk menghindari kesalahpahaman tersebut, disarankan agar pria hanya berbicara dengan pria dan wanita hanya berbicara dengan wanita.

3 komentar:

  1. Posting: Diskusi Antar Agama pada Jum'at, 12 Februari 2016

    By: Boy Akmal


    Muhammad saw adalah seorang yang ummi (tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis; https://islamqa.info/id/1108 ). Ini bukan kelemahan bagi dia justru sebaliknya. Orang-orang berakal akan berpikir bagaimana bisa seorang yang buta huruf bisa menulis sebuah kitab yang isinya sangat agung. Banyak para penyair dizamannya yang mengakui keindahan bahasanya sehingga tak seorangpun bisa menandingi keindahan bahasanya hingga sampai sekarang ini dan sampai kapanpun tak bisa seorangpun bisa meniru keindahan bahasa al quran. Itulah mukjizat al quran dari sisi bahasanya.

    Mukjizat al quran yang menyangkut sisi ilmiah telah dibuktikan KEBENARANNYA oleh para ilmuan NON MUSLIM. Mereka takjub dan MENGAKUI KEBENARAN FAKTA-FAKTA ILMIAH yang tercantum dalam al quran. Padahal al quran diturunkan pada abad 6 masehi sementara fakta-fakta ilmiah itu baru terungkap pada abad ke-20. Bagaimana Muhammad saw YANG UMMI bisa mendapatkan kitab yang demikian agung ? Apakah dari ilmuan? Para ilmuan belum ada pada saat itu. Tentu saja jawabnya dari YANG MAHA TAHU YAITU ALLAH SWT tuhan semesta alam. Jadi BUKAN tuhan bangsa arab saja. Jadi Muhammad saw mendapatkan wahyu dari Allah dengan perantara malaikat jibril.

    Lalu bagaimana klaim dari kalangan nasrani bahwa al quran adalah tiruan dari kitab-kitab sebelumnya? Mereka mengklaim karena ada kemiripan isi antara al quran dan kitab-kitab sebelumnya. Mengapa bisa? Analoginya begini.: Si A mendapatkan informasi dari si C mengenai suatu kejadian. Tak lama setelah itu si B diceritakan informasi yang sama oleh si C. Tentu sudah pasti si A dan B menceritakan lagi informasi ke pihak lain dengan informasi sama persis seperti yang diceritakan oleh si C. Kalau ada cerita yang beda pasti salah satunya salah menyampaikan informasi dari si C. Demikian pula al quran dan kitab-kitab terdahulu diturunkan dari sumber yang sama yaitu dari ALLAH SWT.

    Tapi walaupun ada kemiripan mengapa ada perbedaan sedikit cerita. Misal dalam al quran diceritakan tentang nabi ibrahim yang didatangi oleh para malaikat. Malaikat disuguhi makanan tetapi makanan tak disentu alias tidak dimakan (Adz Dzaariyaat:24-28) . Beda dengan kitab perjanjian lama dimana nabi Ibrahim didatangi oleh tiga orang yang satu diantaranya adalah tuhan mendatangi ibrahim as. Makanan yang disuguhi oleh ibrahim dimakan oleh ketiga orang itu (Kejadian 18:1-8). Artimya tuhan dan dua lainnya mempunyai nafsu. Mana yang benar alquran atau kitab perjanjian lama? Tapi mengapa isinya beda kalau berasal dari sumber yang sama, pastilah salah satunya sudah diubah.

    Untuk MEMBUKTIKAN KEBENARAN isi al quran telah dibuktikan KEBENARANnya oleh ilmuan modern. Lalu sekarang kita coba membuktikan salah satu ayat dari kitab perjanjian lama, yaitu kitab kejadian. Pada kitab kejadian 1:16-19 MATAHARI diciptakan pada HARI KEEMPAT. Mengapa pada HARI PERTAMA sudah ada SIANG DAN MALAM (Kejadian 1:3-5). Bukankah adanya siang dan malam karena adanya matahari? Padahal matahari diciptakan pada hari keempat. HARI KETIGA diciptakan TUMBUH-TUMBUHAN (Kejadian 1:11-13). Apakah tumbuh-tumbuhan bisa hidup pada hari ketiga tersebut padahal matahari belum diciptakan. Dalam ilmu alam tumbuh-tumbuhan hidup dengan bantuan sinar matahari. Tentu kita sudah RAGU dengan kebenaran isi alkitab ini. Awal isi alkitab ini sudah memberikan keraguan. Bertolak belakang dengan alquran yang menekankan TIADA KERAGUAN padanya (Al-Baqarah:2).

    Coba pelajari lagi al kitab Anda dan kemudian pelajari al quran. Ada perbedaan yang yang mencolok antara keduanya. Dalam al kitab para nabi dilecehkan tapi dalam al quran para nabi dimuliakan. Mengapa? Baca di sini: https://edyprayitno.wordpress.com/category/pelecehan-para-nabi-di-kitab-bible/


    Ohthers:
    www.keajaibanalquran.com
    www.miraclesofislam.com
    www.miraclesofthequran.com
    www.islam-guide.com


    100 KEBENARAN ALQURAN VS ALKITAB


    http://pembantaisalibis.blogspot.co.id/2012/02/100-kebenaran-alquran-vs-alkitab.html?m=1


    Friday at 11:33pm
    boy_akmal2004@yahoo.com
    FB: boy akmal

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK ATAU KABAR BURUK?


    Copy dari komentar Aini Muslih di blog Perempatan Agama "Muhammad PENIPU, Siapa bisa bantah?


    Menurut saudara apakah mungkin kitab suci mengandung kesalahan? Dan mungkinkah ayat yang satu bertentangan/kontradiktif dengan ayat yang lain?
    Jawabannya: Seharusnya tidak mungkin terjadi, karena itu adalah kitab suci/Firman Tuhan. Tuhan tidak mungkin salah. Bila ada yang mengatakan bahwa Tuhan tidak salah, tapi yang mencatatnya yang salah. Jika demikian berarti kita tidak yakin dengan Kitab tersebut, berarti sudah banyak mengandung kesalahan yang dilakukan oleh tangan-tangan manusia. Kebenarannya sudah meragukan.
    Bagaimana keadaannya dengan Kitab Injil - Bibel. Saudara akan banyak menemukan kesalahannya sbb:
    AYAT-AYAT KONTRADIKTIF

    Kontradiksi Dalam Kitab Perjanjian Lama

    1. Siapakah anak Daud yang kedua?
    a. Kileab (II Samuel 3: 2-3)
    b. Daniel (I Tawarikh 3:1)

    2. Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak?
    a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16)
    b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7)

    3. Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem?
    a. 11 orang (Samuel 5: 13-16)
    b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7)

    4. Di Kota mana Daud mengambil tembaga?
    a. Betah dan Berotai (II Samuel 8:8)
    b. Tibhat dan dari Kun (I Tawarikh 18:8)

    5. Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamat kepada Daud?
    a. Yoram (II Samuel 8:10).
    b. Hadoram (1 Tawarikh 18: 9-10)

    6. Dari orang-orang bangsa mana saja Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan?
    a. Aram (II Samuel 8:11-12)
    b. Edom (I Tawarikh 18:14-16)

    7. Siapakah panitera (sekretaris) Daud?
    a. Seraya (II Samuel 8:15-17)
    b. Sausa (I Tawarikh 18:14-16)

    8. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud?
    a. 1.700 orang (II Samuel 8:4)
    b. 7.000 orang (I Tawarikh 18:4)

    9. Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud ?
    a. 700 ekor (II Samuel 10:18)
    b. 7.000 ekor (I Tawarikh 19:18)

    10. Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki?
    a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10:8)
    b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19:18)

    11. Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?
    a. Sobakh (II Samuel 10:18)
    b. Sofakh (I Tawarikh 19:18)

    12. Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan iblis?
    a. Tuhan murka lalu menghasut Daud (II Samuel 24:1)
    b. Setan bangkit lalu membujuk Daud (I Tawarikh 21:1)

    13. Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi?
    a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: 8)
    b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

    14. Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang?
    a. 800 orang (II Samuel 23:8)
    b. 300 orang (I Tawarikh 11:11)

    15. Berapakah jumlah angkatan perang Daud dari orang Israel?
    a. 800 orang (II Samuel 24: 9)
    b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5)


    16. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda?
    a. 500.000 orang (11 Samuel 24:9)
    b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5)

    BalasHapus
  3. 17. Berapakah banyakkah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman)?
    a. 40.000 kandang (I Raja-Raja 4:26)
    b. 4.000 kandang (II Tawarikh 2:2)

    18. Berapakah jumlah mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
    a. 3.300 mandor (1 Raja-Raja 5:16)
    b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2)

    19. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo (Sulaiman)?
    a. 2.000 bat air (I Raja-Raja 7:26)
    b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5)

    20. Berapakah jumlah seluruh keturunan Yakub?
    a. 66 jiwa (Kejadian 46:26)
    b. 70 jiwa (Keluaran 1:5)

    21. Yang diharamkan, kelinci ataukah kelinci hutan?
    a. Kelinci (Imamat 11:6)
    b. Kelinci hutan (Ulangan 14:6)

    22. Yang haramkan, babi ataukah babi hutan?
    a. Babi hutan (Ulangan 14:8, dan Imamat 11:7)
    b. Babi (Yesaya 66:17)

    23. Berapa lama Yoyakhim menjadi raja di Yerusalem?
    a. 3 bulan (II Raja-Raja 24:8)
    b. 3 bulan 10 hari (II Tawarikh 36:9)

    24. Berapa banyakkah jumlah yang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar?
    a. 2.812 orang (Ezra 2:6)
    b. 2.818 orang (Nehemia 7:11)

    25. Berapa orangkah anak-anak Benyamin?
    a. 10 orang (Kejadian 46:21)
    b. 5 orang (Bilangan 26:38-39)
    c. 3 orang (I Tawarikh 7:6)
    d. 5 orang (1 Tawarikh 8:1-5)

    Komentar atas silsilah anak Benyamin ini tidak satu pn yang sama baik nama maupun jumlahnya.

    26. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela)?
    a. 5 orang (I Tawarikh 7:7)
    b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5)
    c. 2 orang (Bilangan 26:40)

    Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

    Selanjutnya silahkan anda disini menyebutkan ayat2 Al Quran yang kontradiksi ayat yang satu dengan yang lainnya..(asal jangan karangan sendiri aja ya..)
    Selanjutnya Ayat-Ayat Yang Irasional Dan Melawan Logika, apakah pantas disebut Kitab Suci:

    1. Anak lebih tua 2 tahun daripada ayahnya (II Tawarikh 21:5,20,) Yoram berusia 32 tahun jadi raja dan memerintah Yerusalem selama 8 tahun lalu meninggal (pada usia 40 tahun). (II Tawarikh 22: 1-2), Setelah Yoram meninggal, dia digantikan Ahazia, anaknya pada usia 42 tahun. Jadi, Ahazia lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.

    2. Usia 11 tahun sudah punya anak
    Ahas berumur 20 tahun ketika naik dan memerintah kerajaan selama 16 tahun (II Raja-raja 16:2). Sepeninggal Ahas, tahta kerajaan diganti oleh Hizkia, anaknya (II Rajaraja 16: 20). Hizkia berusia 25 tahun waktu naik tahta menjadi raja (II Raja-raja 18: 2).
    Jadi, dalam usia 11 tahun Ahaz sudah punya anak!

    3. Tuhan salah perhitungan
    (Kejadian 46: 8-1 5), disebutkan daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama. Padahal pada ayat 15 disebutkan “Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa." Apakah Tuhan tidak pandai berhitung?
    Dengan banyaknya kesalahan/kontradiksi tsb, maka tidak tertutup kemungkinan banyak juga ayat-ayat lain yang sdh tdk orisinil. Termasuk ajarannya banyak yang diselewengkan.

    Coba anda jelaskan maksud ayat diatas dg akal sehatmu yang telah dianugerahkan Tuhan, untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Untuk dapat membedakan mana Firman Tuhan Yang Suci, dan mana karangan manusia yang amburadul.

    BalasHapus