Rabu, 17 Agustus 2011

PENDAHULUAN

SELAYANG PANDANG

Pendahuluan

1. ALKITAB 1 – APAKAH AL-QURAN TIDAK MEMILIKI KESALAHAN?
2. ALKITAB 2 – APAKAH ALKITAB SUDAH DIPALSUKAN?
3. ALKITAB 3 – APAKAH MUSA MENUBUATKAN KEDATANGAN MUHAMMAD?
4. ALKITAB 4 – MENGAPA ANDA BISA PERCAYA KEPADA ALKITAB?
5. ALKITAB 5 – MENGAPA KAUM MUSLIM TIDAK PERCAYA KEPADA ALKITAB?

6. SALIB 1 – SIAPAKAH YANG AKAN MASUK NERAKA?
7. SALIB 2 – APAKAH KRISTUS DISALIBKAN?
8. SALIB 3 – BAGAIMANA ANAK ABRAHAM DITEBUS?
9. SALIB 4 – MENGAPA YESUS MATI BAGI DOSA-DOSA ANDA?
10. SALIB 5 – MENGAPA AL-QURAN MENYANGKAL SALIB?

11. TRITUNGGAL 1 – MENGAPA MUHAMMAD DAN BUKAN KRISTUS?
12. TRITUNGGAL 2 – APAKAH KE-TRITUNGGALAN ALLAH ADALAH DUSTA?
13. TRITUNGGAL 3 – APAKAH KRISTUS SAMA DENGAN ADAM?
14. TRITUNGGAL 4 – BAGAIMANA MUNGKIN ALLAH ITU TRITUNGGAL?
15. TRITUNGGAL 5 – MENGAPA AL-QURAN MENOLAK TRITUNGGAL?

16. YESUS 1 - Data-data Sejarah tentang Penyaliban Yesus
17. YESUS 2 - 10 ALASAN Untuk MEMPERCAYAI KEBANGKITAN KRISTUS
18. YESUS 3 - Sebuah Perbandingan dari Pendiri Dua Agama Terbesar
19. YESUS 4 - Mengapa Menyelidiki KEBANGKITAN YESUS?
20. YESUS 5 - Apakah Yesus itu Allah?
21. YESUS 6 - Siapakah Yesus, Menurut Yesus Sendiri?
22. YESUS 7 - Adakah Yesus pernah berkata: “Akulah Allah, Sembah Aku"


Appendix: Hukum emas dalam percakapan dengan kaum Muslim

Daftar Muslim yang Meninggalkan ISLAM

Orang-Orang yang Meninggalkan ISLAM

PERTANYAAN YANG DIAJUKAN: Barangsiapa terlibat dalam diskusi tentang Injil Yesus Kristus dengan saudara-saudara Muslim akan segera mendapati bahwa ada tiga pokok penting yang diajukan. Dan ketiga hal itu bisa dengan mudah membuat diskusi menjadi macet. Dari sudut pandang Islam, ketiga hal itu adalah:
1. Alkitab: Taurat, Mazmur dan Injil tidak bisa dipercaya, karena sudah dipalsukan oleh orang-orang Yahudi dan orang-orang Kristen.
2. Salib: Kabar Baik tentang keselamatan dari hukuman neraka melalui karya pendamaian Kristus di kayu salib bagi dosa-dosa kita adalah pemalsuan yang dibuat oleh kaum Kristen, karena menurut Al-Quran Kristus tidak pernah disalibkan. Selain itu, tidak ada jiwa yang dibebani kesalahan bisa memikul beban orang-orang lain. Dengan kata lain, penggantian yang demikian tidak mungkin terjadi.
3. Tritunggal: Bapa, Anak dan Roh Kudus bukan Allah Tritunggal, tetapi pemalsuan lain yang juga dibuat oleh kaum Kristen. Allah pastilah esa, sebagaimana yang diajarkan oleh Al-Quran. Ia tidak mungkin terdiri atas Bapa Anak dan dan Roh.

Bagaimana seseorang bisa berbicara dengan orang-orang Muslim tentang tiga halangan dogmatis terbesar, tanpa membawa pembicaraan itu tidak menjadi perdebatan yang sia-sia? Saran-saran praktis di bawah ini ditujukan untuk menolong orang-orang Kristen mengalahkan kemacetan yang sangat mengganggu dalam percakapan rohani dengan kaum Muslim. Untuk masing-masing pokok, yang sudah didaftarkan di atas, ada lima pertolongan yang bisa diberikan, dan masing-masing berkaitan dengan salah satu dari lima situasi percakapan di bawah ini.

SITUASI: Ada tipe kaum Muslim yang berbeda-beda, yang bisa kita bagi menjadi kelompok ini: kelompok pendakwah, kelompok yang terus melawan, kelompok yang pikirannya terbuka, kelompok yang pernah dikecewakan, dan kelompok mantan Muslim. Dalam diskusi iman dengan masing-masing kelompok ini, situasi yang berbeda-beda bisa muncul dengan tantangan yang berbeda-beda juga. Daftar tantangan di bawah ini menggambarkan beberapa situasi yang mungkin akan dihadapi ketika sedang terlibat di dalam percakapan dengan kaum Muslim.

1. Menjawab argumentasi Al-Quran yang mendukung Islam.
Tantangan ini penting dalam diskusi dengan para pendakwah Muslim, yang juga aktif melaksanakan penjangkauan Muslim, mengajak orang-orang Kristen untuk masuk Islam.
2. Menolak argumentasi Al-Quran yang melawan Injil.
Dalam diskusi dengan kelompok Muslim yang terus melawan, yang sangat berguna adalah mengambil dari dalam Al-Quran sendiri untuk menolak argumentasi Al-Quran yang melawan Injil.
3. Menunjukkan argumentasi Al-Quran yang mendukung Injil.
Dari para mantan Muslim, yang sekarang menjadi orang-orang Kristen, kita bisa belajar bagaimana menawarkan argumentasi mendukung Injil dari dalam Al-Quran kepada kaum Muslim yang pikirannya sudah terbuka.
4. Memperkenalkan argumentasi dari dalam Alkitab untuk mendukung Injil.
Kita semua harus siap memberikan berita Injil, misalnya kepada orang-orang Muslim yang pernah dikecewakan dengan cara yang tepat sehingga mereka bisa memahami inti dari berita Alkitabiah dan dengan itu kemudian bisa memahami kebenaran yang ada dengan imannya.
5. Menjelaskan argumentasi Al-Quran sendiri yang melawan Islam.
Para mantan Muslim masih ada dalam bahaya akan kembali berbalik kepada Islam. Bagi mereka, argumentasi yang khusus berkaitan dengan Al-Quran bisa sangat menolong mereka untuk tidak meninggalkan iman Kristen mereka. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, kita akan melihat ketiga pokok pertanyaan, yang sudah disebutkan di atas, yang berkaitan dengan kelima situasi percakapan tadi. Dengan demikian akan ada lima belas pokok seperti yang tertulis di dalam bagian selayang pandang yang ada di akhir dari pendahuluan ini.

SUSUNAN: Untuk bisa menjaga kejelasan dan ketepatannya, masing-masing 15 pokok bahasan dalam seri ini, dengan sedikit pengecualian, akan selalu mencakup bagian-bagian di bawah ini:

1. Tantangan: Di sini kami akan menggambarkan titik awal dari masing-masing percakapan, dan juga pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul serta kita bicarakan dalam pokok pembahasan yang ada.
2. Jawaban: Ini biasanya akan menjadi bagian yang paling panjang di dalam 15 pokok dari seri ini. Di sini kami akan memberikan bantuan saran mengenai bagaimana menjawab tantangan yang muncul.
3. Kabar buruk: Di bawah judul ini kami akan memberikan kesimpulan yang negatif, yaitu alasan mengapa tidak mungkin bagi kaum Muslim untuk tetap berpegang kepada argumentasinya dalam melawan Injil.
4. Kabar baik: Di sini kami akan memberikan rangkuman tentang perspektif yang baru dari kaum Muslim yang akan timbul dari jawaban yang kami berikan.
5. Informasi tambahan: Dalam beberapa bagian kami akan memberikan informasi tambahan untuk memperdalam dan memperluas pemahaman akan pokok yang dibahas.
6. Kesaksian: Di sini kami akan memberikan penjelasan yang lebih bersifat praktis. Berdasarkan pengalaman yang nyata dari para mantan Muslim para pembaca akan bisa melihat apa alasannya orang-orang itu meninggalkan Islam dan mengikut Yesus sekarang ini.
7. Doa: Agar tidak hanya berbicara mengenai iman, tetapi juga mempraktekkannya, kami sudah memformulasikan setiap pembahasan dengan sebuah doa singkat yang bisa dipanjatkan oleh seorang Muslim.
8. Pertanyaan: Untuk merangsang munculnya pemikiran pembaca sendiri, kami mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pokok pembahasan. Pertanyaan itu juga bisa diajukan dalam percakapan dengan orang-orang Muslim.
9. Untuk dihafalkan: Orang-orang Muslim sudah terbiasa untuk bukan hanya membaca kitab suci mereka, tetapi juga menghafalkannya. Dalam bagian ini kami mengusulkan ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dengan pokok yang dibahas. Ketika dihafalkan, ayat-ayat itu akan menjadi akar untuk pertumbuhan rohani.

Sebagai follow up untuk 15 pokok yang kami tawarkan, ada appendix, tentang aturan yang akan sangat menolong ketika kita mengadakan percakapan dengan orang-orang Muslim.

1 komentar:

  1. Hi there :)
    terimakasih sudah main ke
    http://islamexpose.blogspot.com

    GBU

    BalasHapus